Bila Alam Berhenti Memberi


Barusan gw abis liat berita tentang bencana, yang melanda di beberapa negara … bahkan sempat liat di youtube.. tentang kejadian tsunami.. di Aceh beberapa tahun yang lalu… beneran dech men… gw agak parno juga kalo bencana seperti yang sudah-sudah kita lihat, melanda Jakarta… seremmmm benerrrr… atau ga gini dech ..gw mengalami kejadian saat bencana melanda,,.. ga terbayang apa yang mesti gw lakuin…

gw jadi bertanya-tanya…kira-kira seperti apa ya nanti ,anak…. cucu ..cicit gw…..10,20 atau 100 taon nanti?…..ga bisa terbayangkan dech jadinya seperti apa.. yang pasti perilaku kita sekarang akan terekam pada anak cucu dan lingkungan sekitar kita, coba periksa dech..kira-kira ada engga jejak kotor yang kita tinggalkan disana? kan bisa aja kita teledor barangkali, membiarkan air bersih terbuang percuma, kita suka ga berpkir panjang ketika mencabuti tanaman dihalaman dan menutupnya dengan beton padat…atau kita sudah larut dalam kehidupan yang nyaman serba praktis yang boros bahan bakar dan sarat limbah….

Bisa jadi banjir , kekeringan, kelangkaan air bersih, udara yang sumpek, sedikit banyak adalah perilaku kita dimasa lalu… tul ga tuch?…coba dech kita renungkan !”… sudah berapa banyak alam memberi,…… sepertinya ..kita ,kamu, elo.. dan gw …terlanjur terbiasa mengganggap alam adalah…… ” GIVEN”. sudah ada tanpa kita minta, engga pake bayar pula lagi,,,,.Jika kemampuan alam itu untuk memberi sudah sampai batasnya…, kira-kira apa yang dilakukan alam yach…?entah lah,, kalo pun disuruh paksa untuk memberi sepertinya alam juga ga bisa menolaknya…

Jikalau alam sudah tidak bersahabat lagi…. bisa jadi nich men… karena konsumsi kita yang sudah melebihi daya dukungnya….. trus…kalo kita ga perduli alam dah ga mo bersahabat lagi sama kita… musuhan.. marahan… gw rasa itu mungkin barangkali yang akan diwariskan oleh anak cucu kita…

owhh… semoga engga seperti itu yach…

owh… Alam temenan yachh.. jangan marah.. aku akan berusaha untuk lebih perduli terhadap kamu…

Bila Alam Berhenti Memberi

40 thoughts on “Bila Alam Berhenti Memberi

  1. Tuhan yang menyediakan alam untuk manusia dan seluruh isi bumi, tapi manusia yang menghancurkan, sekarang manusia juga yang menuai akibatnya

    1. sabar.. sich tu dah pasti… bukannya lebih baik mencegah ya .. daripada nanti terjadi…”:) thanks sob.. sdhberkunjung”

  2. alam adalah tuan rumah kita, selagi kita msh bisa menjaga dan menghargai alam itu sendiri yakin juga kalo alam akan terus bersahabat dengan kita. Alam juga bisa marah!

  3. Alam gak akan marah klo manusia gak rakus😦
    so kita semua harus peduli dengan alam klo gak dari diri kita siapa yang mo peduli😀

  4. Aku Juga takut ngeliat bencana tapi lebih takut lagi ngliat peperangan ,dan semua itu sudah pernah ada di alam ini kita tidak bisa menolak , karena hal demikian bagian dari alam , Hanya menjaga semampunya kita mesti mulai , agar pewaris Kita nanti Tersenyum

  5. Sebelum alam marah, yuk kita jaga n lestariin, paling gak mulai dari diri sendiri dulu deh, yang deket, yang bisa kita lakuin sehari2..🙂

    nice article Mal..🙂
    *eh, ini bukan Alam mbah dukun kan?? hihii*

  6. Semoga kita semua bisa berbuat baik pad aalam sehingga alam tidak marah pad akita😎

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  7. Alam ga prnah marah ama manusia cuma manusianya yang suka bikin ribut duluan jadi terpaksa dech adu jotos dan ternyata manusianya yang ketar ketir, dia yang mulai dan dia juga yang harus mengakhiri. Saatnya manusia hidup berdampingan dengan alam

  8. ayoooo go greeeeeen! haha alam bakalan nangis kalo kita terus menyiksa mereka. belajar buat menjadi lebih peduli terhadap sesama biar kita bisa hidup berbarengan dengan alam ;D

  9. Mungkin Tuhan mulai bosan, melihat tingkah kita..
    Yang bangga dengan dosa-dosa..
    Atau alam mulai enggan, bersahabat dengan kita..
    Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang..

    Serem dah…😀

  10. Jangan menyalahkan takdir bila datang yang namanya banjir, seharusnya kita berfikir karena alam perlu kita lestari agar ibu pertiwi tidak menangis lagi…..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s