—“Apa yang Anda Pikirkan?”—


1218201170733503573

Mungkin pernah terpikirkan oleh kita, mengapa wall facebook tertulis “what’s on your mind” atau “apa yang anda pikirkan”.

kita semua tahu, bahwa facebook adalah situs jejaring sosial, dimana semua
orang bisa membuat profil mereka dan mencari serta membentuk pertemanan. namun seiring berkembangnya facebook, semakin banyak pilihaan aktivitas yang bisa dilakukan diluar pencarian pertemanan. misalnya, aplikasi grup, game, iklan, dll yang bisa jadi alternatif bagi para pengguna facebook.

jika kita ditanya, “apa yang anda pikirkan”, mungkin kita akan menjawab…kita memikirkan makanan, kita memikirkan jalan-jalan…dll. namun ketika kita membaca sebagian besar “status” pengguna facebook, mungkin pertanyaan yang tepat yang terpampang pada wall adalah “apa yang anda keluhkan” atau “apa yang anda ratapi”…

tetaplah terjaga… jangan terbuai dengan apa yang mereka ciptakan. seolah-olah mereka tahu bahwa kita mudah sekali latah. latah pada apa saja yang mereka bawa dan kerjakan. .

hati-hati juga pada “kesombongan” yang tak disadari… karena tidak sedikit dari kita yang kurang bisa memanfaatkan facebook sebagai sarana berbagi kebaikan. jika facebook bertanya “apa yang anda pikirkan”, maka, anda harus benar-benar memikirkan apa yang akan anda bagi untuk teman-teman anda. adakah manfaat bagi mereka??

bukan sekedar menuliskan apa saja hanya untuk memperjelas keberadaan anda didunia maya. memang…ada kalanya kita bersenang-senang dengan teman-teman kita. tetapi tetaplah tersadar, dan jangan sampai kita menjadi bagian dari orang-orang yang mengikuti “mereka” ke lobang biawak.

membaca status kalian di facebook… kita yakin, jika saja kalian sadar dan berpikir… kalian punya kemampuan untuk membagi yang lebih bermanfaat dari sekedar status keluhan dan ratapan… walaupun hanya sebuah kalimat motivasi yang kalian copy paste dari web sebelah… itu jauh lebih bermanfaat ketimbang menjawab pertanyaan “apa yang anda pikirkan” dengan jawaban…”Ya Allah…galaunya tingkat kabupaten” (maaf jika ada persamaan status, hanya sekedar contoh).

semoga tulisan ini bisa mengingatkan, bahwa sedikit demi sedikit kita lebih dekat dengan lobang bawak jika kita tidak menyadarinya. sebaiknya kita berpikir 10 atau 20 kali ketika akan membuat status… ingin sekedar eksis, atau memilih untuk berbagi manfaat… ingin berkeluh kesah dan meratap, atau berjiwa besar dan menjadikannya motivasi…

semuanya adalah pilihan… namun ketika saat kita tidak tersadar, kita bagaikan berjalan tanpa pilihan… kita berjalan mengikuti arus ketersesatan… berjalan mendekati lobang biawak yang mereka siapkan untuk kita…

—“Apa yang Anda Pikirkan?”—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s